Sosialisasi Masyarakat Perlindungan Indeks Geografis Kopi Robusta Sidikalang (MPIGKRS)

(SIDIKALANG KIRANA MAJUNA)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Bertempat di Kantor UD. TANPAK Sidikalang Jalan Sudirman No.71 Tanoh Pakpak Sidikalang Sejumlah Pengusaha, Pengumpul,  Penanam Kopi, dan Konsumen Kopi Sidikalang hadir dalam agenda Sosialisasi rencana mendaftarkan Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis Kopi Robusta Sidikalang (MPIGKRS) ke Kementerian Hukum dan HAM di Jakarta.

Hadir sebagai pemateri dosen Sekolah Tinggi Pertanian dan Peternakan (STPP) Medan Abu Musa Marbun, MP yang memaparkan bagaimana program STPP dalam memberikan  penyuluhan ke masyarakat. Beliau memaparkan sudah angkatan II ini STPP melakukan pendidikan bagi siswa-siswa yang telah menyelesaikan pendidikan tingkat SMA dengan jurusan IPA atau SMK Jurusan Pertanian.

H.Syabilal Rasyad Maha sebagai ketua pelaksana kegiatan memaparkan bagaimana perkembangan komoditas kopi sidikalang di kancah perekonomian nasional. Belaiu memaparkan bagaimana banyak kopi di Indonesia namun yang memiliki paten adalah negara asing. Untuk itu beliau mengharapkan agar segenap insan agar terdorong untuk lebih membudayakan produk unggulan kopi Sidikalang Khususnya Kopi Robusta.

Beliau berencana akan membeli kopi dari masyarakat dengan semahal-mahalnya serta menjual kopi hasil olahan dengan harga semurah-murahnya. Beliau menceritakan pada tahun 2013 lalu telah membagikan bibit kopi robusta kepada masyarakat. Namun dari jumlah yang dibagikan hanya sedikit yang menanam.Hal inilah yang menggugah beliau untuk mendaftarkan kopi robusta Sidikalang untuk memiliki hak paten.

Setelah Kopi Sidikalang nantinya mendapat hak paten beliau menggaransi harga kopi masyarakat nantinya akan lebih tinggi lagi dan otomatis akan meningkatkan perekonomian masyarakat petani pada umumnya.

Maha Juga berharap MPIGKRS ini nantinya akan menerapakan pengolahan Kopi dengan sistem menggunakan Organik karena permintaan masyarakat  luar negeri sekarang sudah menerapkan pengurangan penggunaan pupuk kimia dan sejenisnya.

Acara yang dilaksanakan pada tanggal 30 September 2016 itu juga menghadirkan pihak Pemkab Dairi dari Dinas Perindagkop serta berhasil membentuk kepengurusan Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis Kopi Robusta Sidikalan (MPIGKRS). (tim)

14435401_1100220313346681_2506465994243734349_o.jpg
H.S.Rasyad Maha Memberikan Pemaparan perkembangan MPIGKRS didampingi Dosen STPP Medan Abu Musa Marbun, MP

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s